Perbedaan Menggunakan Software Pemasaran Marketing Otomatis dengan Marketing Manual

Marketing merupakan sebuah proses penjualan produk atau layanan. Dahulu, seluruh proses dalam marketing atau pemasaran dilakukan secara manual oleh manusia. Tetapi kini marketing telah memasuki tahapan otomatisasi. Jika diartikan secara sederhana, otomatisasi berarti mencari cara untuk menyederhanakan tugas yang biasanya membutuhkan pengulangan.

Sehingga tidak hanya berusaha untuk menghemat waktu tetapi juga sekaligus membuat proses menjadi lebih efisien. Hal inilah yang diterapkan dalam aktivitas pemasaran. Dimana dalam aktivitas pemasaran sendiri ada banyak hal yang dilibatkan dan biasanya dilakukan secara berulang. Misalnya seperti mengirim email, social media, analisis situs web, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Perbedaan dalam Penggunaan Software Pemasaran Marketing Otomatis dengan Marketing Manual

Apa perbedaan dari software marketing pemasaran otomatis dengan marketing manual? Tentunya ada beberapa perbedaan yang bisa dirasakan langsung oleh para penggunanya. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

  1. Kesalahan
    Dalam penggunaan software pemasaran marketing otomatis, kesalahan yang mungkin terjadi dapat diminimalisir. Karena semuanya telah diatur oleh sistem. Berbeda ketika pekerjaan marketing dilakukan secara manual oleh manusia. Tingkat risiko kesalahan yang terjadi bisa lebih tinggi.
  2. Waktu
    Salah satu kelebihan dari penggunaan software pemasaran marketing otomatis adalah dalam segi waktu. Tentunya lebih hemat waktu dan efisien. Pekerjaan dalam pemasaran biasanya cenderung berulang dan bahkan membosankan. Maka dari itu harus SDM yang melakukan pekerjaan juga harus dikelola dengan baik agar tidak mudah merasa bosan. Berbeda ceritanya ketika menggunakan software pemasaran marketing otomatis. Seluruh pekerjaan akan dilakukan secara otomatis.
  3. Jangkauan
    Secara jangkauan, software pemasaran marketing otomatis memang lebih unggul. Jangkauan yang bisa diperoleh lebih luas dibandingkan dengan marketing secara manual. Ketika proses marketing secara manual ingin menjangkau pasar lebih besar, maka dibutuhkan biaya yang lebih besar juga. Tetapi software pemasaran marketing otomatis dapat menjangkau secara lebih luas dan juga dapat melakukan berbagai macam pekerjaan.

Itulah beberapa perbedaan dari penggunaan software pemasaran marketing otomatis dengan marketing manual. Anda sebagai pengguna yang menentukan mana yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *